Keutamaan Shalat Subuh: Amalan yang Mendatangkan Banyak Manfaat

Posted by Ahmad Sauki Senin, 15 Juli 2024 0 komentar

Shalat Subuh merupakan salah satu dari 5 shalat wajib dalam agama Islam yang memiliki berbagai keutamaan yang luar biasa yang patut kita ketahui.

Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan shalat ini karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. Berikut adalah beberapa keutamaan shalat Subuh:

1. Penyebab Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang mengerjakan shalat Subuh dan Ashar, maka ia akan masuk surga (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Penghalang Masuk Neraka

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang melaksanakan shalat sebelum terbit dan tenggelamnya matahari, maka ia tidak akan masuk neraka (HR. Muslim).



3. Berada dalam Jaminan Allah

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang shalat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah (HR. Muslim).

4. Dihitung seperti Shalat Semalam Penuh

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang shalat Isya berjamaah, maka seolah-olah ia shalat setengah malam, dan siapa yang shalat Subuh berjamaah, seolah-olah ia shalat sepanjang malam (HR. Muslim).

5. Disaksikan Para Malaikat

Rasulullah SAW menyatakan bahwa malaikat malam dan siang berkumpul pada shalat fajar (HR. Bukhari dan Muslim).

Ancaman Bagi yang Meninggalkan Shalat Subuh

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa meninggalkan shalat Subuh merupakan ciri kemunafikan dan merupakan salah satu shalat yang paling berat bagi orang munafik (HR. Bukhari dan Muslim).

Shalat Subuh adalah waktu yang sering kali diabaikan karena keinginan untuk melanjutkan tidur. Namun, dengan menyadari keutamaannya,

semoga kita sebagai hamba Allah dan pengikut Nabi Muhammad SAW semakin termotivasi untuk melaksanakan shakat subuh secara berjamaah di masjid, terutama bagi laki-laki. dan tidak meninggalkannya sama sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Total Tayangan Halaman